Selamat Datang di Jurnal INTUISI, Blog resmi LAPMI Jaksel

Selamat Datang di Jurnal INTUISI, Blog resmi LAPMI Jaksel.

Terima kasih atas kunjungan Anda sekalian. Jurnal INTUISI, sebagai blog resmi LAPMI HMI MPO Cabang Jakarta Selatan, berusaha menyuguhkan update informasi maupun kajian yang berlangsung di seputar lingkungan HMI MPO Cabang Jakarta Selatan. Kami berharap, para pengunjung sekalian dapat menikmati suguhan ini dan meninggalkan catatan-catatan kecil demi perbaikan ide-ide kami di masa yang akan datang. Sebab, Jurnal INTUISI hadir untuk menangkap pengetahuan secara keseluruhan!

Tim LAPMI Jaksel

Ada Apa di Jurnal INTUISI?

  • Update Jurnal INTUISI Versi Cetak
  • Editorial Aktual
  • Update Info HMI JakSel
  • Opini Beragam
  • Kajian Mendalam
  • Fitur Tambahan Seru
  • Partisipasi Terbuka

Rabu, 18 Februari 2009

Capres Independen Ditolak, What Next?

Kemarin MK akhirnya memutuskan untuk menolak uji materi tentang capres independen. Sangat disayangkan memang, padahal harapan itu sempat hadir lewat sosok Fadjroel Rachman yang berani membawa isu ini ke MK.


Terlepas dari kegagalan beliau, saat ini toh Bang Fadjroel menjadi ikon demokrasi baru di Indonesia. Sosoknya terasa semakin segar, manakala kita ingat betapa sesaknya nama Capres hanya oleh orang itu-itu saja; SBY dan Megawati. So, sekarang ini, tentang Capres Independen akan kita tunda hingga usaha amandemen uud 1945 kembali bergulir, untuk memberi peluang kepada capres independen.
Lalu, apa peran dan sikap HMI MPO dalam melihat fenomena ini?
HMI MPO untuk saat ini sangat tertinggal dalam mendorong demokrasi yang lebih baik di Indonesia. Hampir tidak ada wacana dan perjuangan baru yang diusung olehnya. Miris memang. Apalagi, kita ingat, dalam kompas edisi kemarin, HMI justru telah lebih dulu mewacanakan Pemilih Cerdas dan berkomitmen untuk mengawal pemilu 2009 dengan melakukan pendidikan pemilih. Lalu, apa artinya wacana HMI MPO yang bertekad untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2009. NON SENSE! Tidak Ada! Nihil! atau Bohong!
HMI MPO hanya berteriak-teriak (atau bahkan diam!!) dalam kerangkeng yang dibuat oleh mereka sendiri.
Nah, ada momentum pasca putusan MK yang menolak Capres INdependen. Sebaiknya, HMI MPO kembali menyuarakan TOLAK PEMILU sebagai penegas identitas dan sikap politiknya. Walaupun sudah agak ketinggalan, namun bila HMI MPO mengambil posisi dan sikap TOLAK PEMILU, maka strategi ini akan sangat menarik.
TOLAK PEMILU adalah ekspresi dan antitesis terhadap keluarnya FATWA HARAM GOLPUT oleh MUI dan gagasan PEMILIH CERDAS oleh HMI. POsisi ini sangat berarti, pertama, berlawanan dengan fatwa MUI berarti menegaskan HMI MPO sebagai organisasi intelektual bukannya kelompok fukaha belaka. kedua, mengimbangi wacana Pemilih Cerdas dari HMI berarti HMI MPO konsisten dengan posisi antitesis terhadap HMI, dan tetap memegang identitas kritis atas negara ini.
Bila di tahun 2004, HMI MPO menolak Pemilu dikarenakan banyaknya kekacauan dalam proses dan tahapan pemilu, termasuk unsur-unsur di dalamnya, maka di Pemilu 2009 pun tidak jauh beda keadaannya. Jadi, tunggu apa lagi??
TOLAK PEMILU DAN PILPRES 2009!!!

Follow Up LK 1

Artikel Terpopuler

Widget edited by Anang

Tentang LAPMI Jaksel

Foto saya
Ciputat, Jakarta Selatan/Tangerang Selatan, Indonesia
Blog ini dikelola oleh LAPMI HMI MPO Cabang Jakarta Selatan sejak 30 Oktober 2008. LAPMI adalah singkatan dari Lembaga Pers Mahasiswa Islam. Blog ini diharapkan menjadi media di dunia maya untuk mempublikasikan karya-karya LAPMI HMI MPO Jaksel. Direktur Utama: Daimah Fatmawati Direktur Litbang: Bahrul Haq Al-Amin Direktur Penerbitan: Sunardi Panjaitan. Selamat menyimak!

Personel LAPMI Jaksel

  • Daimah Fatmawati as Direktur Utama
  • Sunardi Panjaitan as Direktur Penerbitan
  • Bahrul Haq Al-Amin as Direktur Litbang
  • Iffati Zamimah as Sekretaris LAPMI

Notifikasi Email

Masukkan alamat email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada artikel/berita terbaru!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang